Silverlight Saingan Baru Flash

Microsoft Silverlight atau sebelumnya bernama WPF/E (Windows Presentation Foundation for Everywhere) adalah salah satu teknologi baru yang dibuat oleh Microsoft dengan tujuan untuk menyajikan RIA (Rich Internet Application) meliputi kemampuan untuk membuat dan mengintegrasikan multimedia, animasi, vektor grafik dan video playback secara interaktif. Silverlight dapat dijalankan diberbagai browser standar seperti Firefox, Safari, Opera dan Internet Explorer tapi masih terbatas pada platform Windows dan Mac OS X, dukungan untuk Linux masih belum bagus. Agar dapat menjalankan aplikasi berbasis Silverlight maka anda harus mendownload plugin kemudian menginstalnya terlebih dahulu sama seperti jika anda ingin menjalankan aplikasi Flash.

Aplikasi Silverlight dapat dibuat menggunakan semua bahasa yang mendukung .NET Framework, tidak seperti Flash yang hanya menggunakan bahasa Action Script. Dengan demikian diharapkan pada desainer dan pengembang web menjadi lebih mudah mengembangkan aplikasi Silverlight karena tidak harus mempelajari bahasa baru yang berbeda, cukup menggunakan bahasa yang mendukung .NET seperti VB, C#, J#, dll. Untuk mendesain UI (User Interface) dapat digunakan Microsoft Blend Expression, sedangkan untuk mendevelop dan mendebug aplikasi digunakan Visual Studio .NET.

Silverlight mendukung mode grafik yang sama dengan WPF (Windows Presentation Foundation) dan mendukung standar video content VC-1 yang dapat dijalankan pada browser tanpa harus menginstal Windows Media Player, Active X, maupun Windows Media Browser plugin. Jika dibandingkan dengan Flash (Adobe Flash), Silverlight mempunyai dukungan devices yang lebih luas, karena selain dapat ditampilkan pada Web Silverlight juga dapat ditampilkan melalui XBOX 360, Microsoft Zune, dan sistem HD (high definition) seperti pada BlueRay maupun HD-DVD serta semua perangkat yang mendukung codec tersebut.

Dari sisi search engine, content pada aplikasi Silverlight juga lebih mudah ditemukan dan diindeks dibandingkan dengan Flash, karena tidak dikompilasi seperti aplikasi Flash melainkan di representasikan dalam bentuk teks dengan format XAML (Extensible Application Markup Language).

Saat ini Silverlight sudah masuk pada versi 2 (Silverlight 2 beta 1) untuk lebih lengkapnya kunjungi website ini http://www.microsoft.com/silverlight/

image

Advertisements

About Erick Kurniawan

IT Trainer, Consultant, & Microsoft Azure MVP Actual Training (http://actual-training.com)
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s