Memasang Aplikasi Xamarin Forms ke iOS Devices (Part 1)

Pada artikel ini akan ditunjukan bagaimana cara menjalankan aplikasi Xamarin Forms anda pada platform IOS.

Untuk dapat terkoneksi dengan komputer Mac, mengkompilasi kode, dan menjalankan aplikasi pada IOS simulator, anda harus terhubung dengan komputer Mac yang berada pada satu jaringan. Selain itu anda juga membutuhkan beberapa program yang harus sudah terinstal pada komputer Mac anda. Adapun requirement yang dibutuhkan untuk diinstal pada komputer Mac adalah sebagai berikut:

  • Komputer Mac yang menjalankan OS X Yosemite (10.10) atau versi yang lebih tinggi.
  • Xamarin Studio 5.10 atau versi yang lebih tinggi.
  • Xamarin.iOS SDK.
  • Apple’s Xcode(7+) IDE dan iOS SDK.

Anda dapat mendownload XCode pada link dibawah ini: https://developer.apple.com/download/

image

Pada modul ini saya akan menggunakan XCode versi 8.2.1. Setelah XCode terinstal, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menginstal Xamarin for Mac. Anda dapat mengunduh Xamarin for Mac pada link berikut ini: https://www.xamarin.com/download

Untuk membuat aplikasi Xamarin Forms IOS ada dua alternatif cara pengembangan aplikasi yang dapat anda pilih. Yang paling mudah adalah anda langsung menggunakan komputer Mac dan menggunakan editor Xamarin Studio for Mac, cara ini lebih praktis dan mudah karena tidak perlu menggunakan lebih dari 1 komputer.

Cara yang kedua adalah dengan tetap menggunakan komputer Windows dan IDE Visual Studio 2015. Cara ini dibutuhkan jika anda menginginkan mendeploy aplikasi anda tidak hanya pada platform Android dan IOS. Dengan menggunakan sistem operasi Windows 10, maka anda dapat mentarget platform yang lebih luas seperti Windows 8.1, Windows Phone, dan Windows 10 UWP (Universal Windows Platform).

Menggunakan Xamarin Studio for Mac

Buka editor Xamarin Studio for Mac. Kemudian pilih New Solution. Pada jendela New Solution pilih Multiplatform App – Xamarin Forms – Form App.

image

image

Pilih tombol Next, kemudian beri nama aplikasinya Modul6_1. Untuk informasi organization identifier anda dapat menambahkan nama namespace dari project anda secara bebas. Pada contoh ini saya memberi nama com.dicodingxamarin. Karena anda menggunakan komputer Mac maka target aplikasi yang dapat dibuat adalah aplikasi Android dan IOS. Anda tidak dapat mentarget aplikasi Windows jika menggunakan komputer Mac.

image

Untuk pilihan Shared Code pilih Portable Class Library dan jangan lupa untuk mencentang pilihan “Use XAML for user interface files”, kemudian pilih tombol Next.

image

Tentukan lokasi dimana anda akan menyimpan project anda pada komputer Mac. Kemudian tekan tombol Create untuk membuat solution baru. Tampilan IDE Xamarin Studio for Mac dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

image

Pada solution diatas mempunyai 3 macam project yaitu Portable, Android, dan IOS. Klik kanan pada project IOS kemudian pilih “Set as startup project”.

Untuk menjalankan project pada IOS simulator, pilih tombol Run.

image

Maka akan IOS simulator akan dijalankan, dan project tersebut akan di deploy pada IOS simulator tersebut. Tampilan IOS simulator yang menjalankan project dapat dilihat pada gambar berikut.

image

Pada artikel selanjutnya akan ditunjukan bagaimana cara untuk mendeploy aplikasi yang dibuat menggunakan Xamarin Forms ke iOS devices seperti IPhone atau IPad.

Advertisements

About Erick Kurniawan

IT Trainer, Consultant, & Microsoft Azure MVP Actual Training (http://actual-training.com)
This entry was posted in .NET Tech, Cross Platform Mobile Development, iOS, Xamarin, Xamarin Forms and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s