Xamarin Forms & Azure Mobile Services (Part 1)

Azure Mobile App adalah salah satu layanan dari Microsoft Azure yang dikhususkan untuk mendukung aplikasi Mobile. Dengan menggunakan layanan Azure Mobile App maka pengembang aplikasi mobile tidak perlu membuat sendiri backend services secara manual. Azure Mobile App menyediakan berbagai fitur yang memudahkan pengembang aplikasi mobile untuk bekerja dengan data menggunakan Easy Table, Autentikasi, Push Services, dan juga kemampuan sinkronisasi secara offline (offline data sysnc).

1. Masuk kedalam portal Microsoft Azure (portal.azure.com). kemudian pilih layanan Mobile Apps Quickstart untuk membuat layanan Mobile Apps secara instan.

image

2. Tekan tombol “Create” untuk membuat layanan Mobile Apps Quickstart.

image

3. Masukan nama services sebagai contoh saya memasukan nama layanan dengan nama “actualmobileservices”.

4. Kemudian pilih Subscription, pada contoh ini digunakan accout Dreamspark/Microsoft Imagine (free account untuk mahasiswa dan akademisi).

5. Buat resource group baru. Resource group digunakan untuk mengelompokan layanan yang ada di azure.

6. Untuk plan digunakan plan FREE yang dapat digunakan jika menggunakan account Dreamspark/Microsoft Imagine. Untuk lokasi data center pilih yang terdekat yaitu SEA (Southeast Asia).

7. Pilih tombol Create untuk membuat layanan Mobile App.

image

8. Setelah berhasil membuat layanan tersebut, masuk kedalam menu layanan Mobile App sebagai berikut. Disana anda dapat melihat berbagai macam fitur yang ditawarkan.

image

9. Pilih salah satu fitur yang ada yaitu “Easy Tables”. Dengan Easy Table anda dapat membuat table dengan mudah dan mengakses table tersebut menggunakan REST web services atau menggunakan Azure Mobile App SDK pada Xamarin Forms.

image

10. Secara default Easy Table akan menyimpan data pada database SQLite yang ada pada server, ini tidak disarankan untuk kepentingan production. SQLite masih dapat digunakan untuk kepentingan development.

11. Untuk melihat daftar kolom yang ada pada table di Easy Table anda dapat memilih pilihan Manage schema.

12. Anda dapat menambahkan table baru, serta menambahkan kolom yang dibutuhkan.

image

13. Langkah selanjutnya adalah membuat easy table dengan nama Barang. Kemudian pada table schema, tambahkan kolom baru yaitu KodeBarang, NamaBarang, Stok, HargaBeli, dan HargaJual.

image

Pada blog selanjutnya akan dibahas bagaimana cara untuk mengakses services yang sudah kita buat dari project Xamarin Forms.

Advertisements

About Erick Kurniawan

IT Trainer, Consultant, & Microsoft Azure MVP Actual Training (http://actual-training.com)
This entry was posted in Azure App Services, Azure Mobile Services, Xamarin, Xamarin Forms and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s